Thursday, December 27, 2012

Perdarahan pada Kehamilan Muda

Perdarahan pada kehamilan muda meliputi : abortus, Kehamilan Ektopik dan Molahidatidosa

A. Abortus adalah ancaman atau pengeluaran hasil konsepsi sebelum janin dapat hidup di luar kandungan. Sebagai batasan ialah kehamilan kurang dari 20 minggu. Macam-macam abortus ialah sebagai berikut :

1. Abortus Imminens
    Adalah abortus tingkat permulaan dan merupakan ancaman terjadinya abortus, ditandai dengan perdarahan berupa bercak atau sedang, serviks tertutup, uterus sesuai dengan usia gestasi, kram perut bawah, uterus lunak. Tindakan yang dilakukan berupa observasi perdarahan, istirahat, no coitus.
2. Abortus Insipiens
    Adalah abortus yang sedang mengancam yang ditandai dengan perdarahan banyak, serviks terbuka, uterus sesuai gestasi, kram atau nyeri perut bawah, belum terjadi ekspulsi hasil konsepsi . Tindakan yang dilakukan yaitu Evakuasi.
3. Abortus Kompletus
    Seluruh hasil konsepsi telah keluar dari kavum uteri dengan tandaserviks tertutup, besar uterus tidak sesuai masa kehamilan (lebih kecil), sedikit atau tanpa nyeri perut bawah. Tidak perlu terapi spesifik.
4. Abortus Inkompletus
    Sebagian hasil konsepsi telah keluar dari kavum uteri dan masih ada yang tertinggal. Ditandai dengan perdarahan yang sedang atau banyak, serviks terbuka, uterus sesuai masa kehamilan,kram atau nyeri perut bagian bawah. Tindakan yang dilakukan adalah evakuasi

B. Molahidatidosa
Merupakan suatu kehamilan dimana konsepsi tidak berkembang menjadi embrio, tetapi terjadi proliferasi dari fili koriales disertai dengan degenerasi hidrofik. Uterus melunak dan berkembang lebih cepat dari usia kehamilan normal. Tidak dijumpai adanya janin dan kavum uteri terisi jaringan seperti rangkaian buah anggur.

C. Kehamilan Ektopik
Kehamilan ektopik ialah suatu kehamilan yang pertumbuhan sel telur yang telah dibuahi tidak menempel pada dinding endometrium kavum uteri. lebih dari 95% kehamilan ektopik berada di saluran telur ( Tuba Falopi).

Masing-masing poin akan dibahas pada postingan selanjutnya.

Sumber : Saifuddin , 2008
gambar : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipyZSvrEXnNZ2mr7fF1O3N3mTgr45YD2rHLxZYdymSJ7ArsmMNQUweEatamGmFJ3MRXUdwmctaeJw8ZPNKMShPEu38lw-x8HnHPfsKwDAgRm0Hbirp2VusrRsNs7BVDj6W_8E7gkw_IF4/s1600/perdarahan.JPG

No comments:

Post a Comment